Cara Memilih Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Related image

Rasa nyeri tidak berkesudahan menyerang kaki atau persendian Kamu? Hati-hati! secepatnya cek dengan cara jeli apa jadi penyebab permasalahan itu. Pasalnya, rasa nyeri yang mendadak hilang lalu kembali nampak dapat karena sinyal tanda penyakit asam urat. Jika sudah begini harusnya Kamu harus mengubah gaya hidup dan membatasi makanan khusus untuk peroleh kesehatan yang baik. Makanan apa saja yang pas untuk pengidap asam urat?

Membuat perlindungan kesehatan yaitu bagian sangat utama dalam kehidupan. Tubuh yang sehat otomatis akan mendatangkan mood yang baik dan menghidupkan semangat beraktivitas keseharian. Sebaliknya, apabila tubuh mulai digerogoti suatu penyakit seperti nyeri persendian, linu pada kaki atau sering merasa seperti kesemutan, Selekasnya cek lewat cara detail karena kondisi itu dapat karena sinyal tanda asam urat. Selekasnya tangani sedini bisa saja agar tidak memiliki resiko buruk untuk kesehatan periode panjang. Diterangkan dr. Tities Anggraeni Indra, SpPD, dokter spesialis penyakit dalam, penyakit asam urat adalah penyakit yang berjalan dikarenakan keunggulan asam urat dalam darah waktu lalu menumpuk dan tertimbun berupa kristal-kristal pada persendian. Ada dua segi terutama sejenis penyebab penyakit pada seseorang, yaitu penyebab primer dan sekunder.

Penyebab primer dari penyakit asam urat datang daripada tubuh itu. Penyebab itu sangat sehubungan dengan segi yang datang daripada tubuh seseorang, tetapi belum di kenali lewat cara tentu. Namun, diduga karena oleh segi genetik dan tidak seimbangan hormonal pada tubuh yang menyebabkan problem metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat. Dapat juga karena terganggunya sistem pengeluaran asam urat dari tubuh karena ginjal alami persoalan.

Penyebab sekunder datang dari luar tubuh. Penyebab itu sangat sehubungan erat dengan mengkonsumsi makanan yang masuk dalam tubuh. Konsumsi makanan yang kaya akan purin mungkin saja segi terutama penyebab sekunder itu. Purin yaitu satu di antara senyawa basa organik yang buat asam nukleat (asam inti dari sel), termasuk dalam group asam amino, unsur pembentuk protein. Produksi asam urat yang jadi bertambah juga dapat karena penyakit darah (penyakit sumsum tulang polisitemia), obat-obatan (alkohol, obat-obat kanker dan vitamin B12). Penyebab lain satu diantaranya obesitas (kegemukan), penyakit kulit (psoriasis) dan kandungan trigliserida tinggi. Pada pasien diabetes yang tidak terkontrol dengan baik biasanya ada kandungan benda keton (hasil buangan metabolisme lemak) yang meninggi.

Pengidap kandungan asam urat tinggi harus turunkan kandungan asam urat. Asam urat dapat diendapkan di dalam tubuh, terutama di dalam sendi-sendi dan juga di dalam ginjal. Apabila ditinggalkan dapat menyebabkan penyakit gouty arthritis dan batu ginjal. Walau sering tidak ada sinyal tanda apa-apa bahkan saat kandungannya sudah melalui batas normal yaitu 7 mg/dl. Karena itu, kandungan asam urat harus diturunkan dengan diet rendah purin dan obat (allopurinol).

Prinsip pilihan makanan penderita asam urat tinggi satu diantaranya :

  • Kurangi mengkonsumsi lemak tinggi atau makanan gorengan karena lemak akan menghambat pengeluaran asam urat.
  • Banyak minum air putih, semakin lebih 8 gelas sehari, lebih kurang 10-16 gelas. Itu untuk mempercepat pengeluaran asam urat lewat urin.
  • Hindari penurunan berat badan terlalu cepat atau diet yang terlalu ketat karena akan berjalan pemecahan protein otot dan menyebabkan kenaikan kandungan asam urat dalam darah.

Setelah tahu prinsip diet asam urat tinggi, lalu dapat digolongkan kandungan purin pada makanan yang akan mempermudah menggerakkan diet rendah purin sejenis itu :

  • Grup A : lebih kurang 150-1000 mg purin per 100 gr bahan makanan. Kandungan purin sangat tinggi, pasien asam urat dilarang mengkonsumsi. Contoh makanan : jeroan seperti hati, ginjal, limpa, jantung, paru, usus, udang kecil-kecil, kerang, sarden, tuna dalam kaleng, makanan kalengan, tape alkohol, bir, ragi, bebek, ekstrak daging, lobster.
  • Grup B : lebih kurang 50-150 mg purin per 100 gr bahan makanan. Type makanan itu dapat dikonsumsi tetapi dibatasi. Contoh makanan : ayam, daging, ikan yang lain yang tidak termasuk group A, roti atau pasta wholegrain, oatmeal, brown rice, kacang kedele, kacang polong, tahu tempe, miso, kacang tanah, kacang mede dan selai kacang. Sayuran kembang kol, brokoli, jamur, sawi hijau, bayam, asparagus, kangkung daun singkong, daun papaya dan melinjo.
  • Grup C : lebih kurang 0-50 mg purin per 100 gr bahan makanan. Type makanan itu memiliki kandungan purin rendah sampai bebas dikonsumsi. Contoh makanan : buah-buahan, roti putih, nasi putih, sereal, susu, krim, yoghurt, es krim, keju, telur, kacang seperti almond, walnut (kenari). Sayuran lain seperti sawi putih, kol putih, tomat, seledri, terong, selada mentimun, bawang bombai, bawang putih, dan bit.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s