TIPS BERPIKIR POSITIF DAN CARA MENGHILANGKAN PIKIRAN NEGATIF

Related image

Untuk bisa hidup dalam suasana yang nyaman, tentram, tenang dan bahagia seorang harus memiliki fikiran yang positif (positive thinking). Dengan memikirkan positif seorang dapat hidup dengan rukun dan serasi dengan orang lain di sekelilingnya. Tetapi sayangnya tidak kebanyakan orang memiliki fikiran positif. Terdapat beberapa aspek yang mengakibatkan seorang susah untuk stabil dalam berpikiran positif dalam kehidupannya keseharian. Walaupun itu orang yang semula selalu berpikiran negatif (negative thinking) dapat belajar jadi orang yang berpikiran positif seandainya dilakukan dengan serius dan sungguh-sungguh.

Tips Cara Memiliki Fikiran yang Positif dan Menangani Fikiran Negatif :

1. Optimis Dengan Masa Depan

Untuk dapat selalu berpikir dewasa dan bersikap dewasa maka seorang sebaiknya optimis akan apa yang akan terjadi di saat mendatang. Buang semua perasaan pesimis yg tidak berdasarkan. Untuk beberapa hal tertentu ambilah kemungkinan yang mungkin terjadi meskipun mengakibatkan kerugian, selama tidak menyebabkan fatal. Setiap semua sesuatunya sudah diputuskan oleh Allah SWT, hingga semua hak jelek yang nanti dapat terjadi adalah suatu bentuk ujian, pelajaran, dan bahkan juga kebaikan dari Allah SWT.

2. Melakukan Pola Hidup yang Baik dan Sehat

Gaya hidup yang baik dilakukan dengan melakukan gaya hidup sehat, jadi pribadi yang beriman dan bertakwa pada Allah SWT, jadi individu yang patuh pada ketentuan yang berlaku, hindari segalanya yang jelek, berupaya jadi pribadi yang baik, dan sebagainya. Bila hari-hari kita di isi oleh beragam hal yg tidak baik maka beragam beberapa hal yg tidak baik termasuk fikiran negatif dapat datang hampiri diri kita.

3. Hidup Untuk Saat Ini dan Masa Depan

Tinggalkanlah saat lalu sejauh mungkin dan awalilah menata kehidupan yang saat ini ditempuh. Sediakanlah gagasan periode pendek serta gagasan periode panjang yang akan dilakukan dalam kehidupan ini agar tidak kehilangan arah saat terjadi beberapa hal yg tidak dikehendaki. Tujuan pencapaian saat mendatang harus berbentuk mulia, baik, tinggi dan prestise. Namun masih tetap mengutamakan pada Beribadah pada Allah SWT, kerendahhatian, kekeluargaan, kedamaian, kesejahteraan, dan lain sebagainya.

Beragam hal yang sudah terjadi di saat lalu sebaiknya kita untuk jadikan pengalaman hidup serta jadi pelajaran yang bernilai untuk bahan pertimbangan dalam pengambilan ketentuan yang akan di kerjakan ketika ini ataupun di saat mendatang. Kejadian-kejadian yang ada di saat lalu tidaklah suatu hal yang perlu disesali, ditangisi, dirindukan, dikejar, diimpikan, dan sebagainya. Dengan jadikan saat lalu jadi guru yang terbaik maka diinginkan tak ada beberapa hal negatif yang ada di saat lalu memengaruhi diri kita dalam mempositifkan fikiran kita.

4. Mengatasi Emosi Pada Diri Sendiri

Ketika diri kita emosinya mencapai puncak maka biasanya fikiran kita akan turut dipengaruhi. Banyak beberapa hal baik kita abaikan dan kita lupakan. Banyak beberapa hal yang jelek yang kita ingat dan kita lakukan. Tersebut penyebabnya kenapa seorang harus belajar mengatur emosinya agar fikiran dapat selalu tetaplah stabil dalam berpikir positif dan meremehkan beragam fikiran-pikiran negatif atau kotor yang datang silih bertukar. Salah satu cara termudah dalam menangani emosi jiwa atau amarah remuk redam pada sendiri yaitu dengan berpuasa.

5. Menghilangkan Sifat Iri, Dengki, Sombong, Berburuk Sangka, Dll (Penyakit Hati)

Penyakit hati yaitu sumber dari fikiran negatif. Biasanya seorang tidak sadar kalau dianya menderita penyakit hati (penyakit kalbu) sampai problem untuk problem terjadi dengan beberapa orang yang ada di sekelilingnya. Orang yang berpenyakit hati pun biasanya tidak mengerti kalau dianya hidup menanggung derita karena penyakit hatinya sendiri karena sudah menzalimi sendiri ataupun orang lain. Orang yang menanggung derita penyakit hati biasanya tidak suka lihat orang lain suka, dan merasa suka bila lihat orang lain menanggung derita lahir ataupun batin.

Untuk dapat menyembuhkan penyakit hati (kalbu) yang sampai kini terkena maka seorang harus melakukan beberapa hal. Banyak hal salah satunya yaitu melakukan introspeksi diri, memohon penilaian orang lain yang bisa diakui pada diri kita, terima kritik ataupun input dari orang lain, berani coba beralih jadi seorang yang baik, menjaga beberapa karakter baik yang sudah dipunyai, buang beberapa karakter jelek yang sudah terdeteksi, berkaca dari beberapa orang yang berkepribadian/berperangai jelek, mendekatkan diri pada Allah SWT, dan lain sebagainya. Dengan melakukan beragam usaha dalam mengobati penyakit hati yang saat ini terkena semoga dapat kurangi beragam fikiran-pikiran negatif yang sampai kini mengendap didalam hati sanubari.

Karenanya ada beberapa tips cara jadi pribadi yang memiliki fikiran positif diinginkan dapat membawa kebaikan pada diri kita sendiri ataupun orang lain. Awalilah memiliki fikiran positif saat ini dapat dan tinggalkan fikiran-pikiran negatif saat ini dapat agar dapat beralih jadi orang yang lebih baik dari mulanya. Jadi orang yang baik bukan sekedar buat diri kita sendiri merasa nyaman, tentram dan bahagia, tetapi juga orang lain akan ikut rasakan hal yang sama berbarengan dengan pergantian sikap dan tingkah laku diri kita yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s