10 BAND INDONESIA YANG PERNAH BERGANTI NAMA

Image result for Gugun Blues Shelter

Setiap nama tentu memiliki sebuah makna. Ini berlaku juga dengan nama untuk sebuah band. Beberapa band di Indonesia bahkan juga tidak segan ganti namanya. Ada banyak alasan. Hoki, tuntutan atau beberapa sebab lain. Ada yang berhasil setelah ganti nama, ada juga yang kembali memakai nama band tersebut.

Setelah Noah, ada agi yang beberapa waktu terakhir terkuak di mass media yakni Vierra jadi Vierratale. Nah, band-band apa lagi kah yang sempat ganti namanya? Simaklah!

1. NOAH

Setelah Aril bebas dari sandungan video porno yang merenggut kebebasannya berekspresi, saat ini Peterpan yang sudah bertukar nama jadi NOAH itu mulai beranjak naik kembali di panggung hiburan tanah air. Nama NOAH di ambil dari pengertian seorang yang mengembara diumumkan pada th. 2012 lalu. Sebelumnya, Ariel dan kawan-kawan sempat memakai nama Topi untuk bandnya pada 1997 silam.

2. The Kubs

Kuburan, mungkin yang terbenak daam hati kamu yakni pocong. Namun ada pula yang mengambil nama itu sebagai nama band nya. Group horror komedi ini sempat mengagetkan umum musik Indonesia saat ganti nama bandnya di saat tengah berada di puncak karier. Kuburan resmi ganti nama bandnya jadi The Kubs pada September 2011 lalu. Pergantian konser dan peringatan 1 dekade debut mereka jadi alasan utama pergantian nama itu. Beberapa personel Kuburan mengungkap kalau pergantian nama ini sesungguhnya telah mereka rancang dari dahulu.

3. Govinda

Domino ganti nama jadi Govinda awal th. 2012. Kecemasan pada pemaknaan jadi alasan utama untuk Ifan dan kawan-kawan. Ifan memiliki pendapat kalau kata Domino memiliki konotasi yang negatif di Indonesia, tidak sama jauh dengan arti yang mereka maksud, yaitu Dewa tertinggi (Bhs Yunani). Penentuan nama Govinda juga bukanlah tanpa ada sebab. Mereka berasumsi Govinda adalah nama yang mudah diingat dan menarik.

4. Armada

Sedikit yang tahu apabila Rizal dan kawan-kawan sesungguhnya sempat memakai nama Kertas untuk bandnya pada 2007 silam. Bahkan juga ketika masih tetap bernama Kertas, mereka sesungguhnya sudah melaunching 2 album walau tidak terlalu berhasil. Th. 2008 mereka pada akhirnya bertukar nama jadi Armada. Mulai sejak bertukar nama jadi Armada, Rizal mengakui bandnya mencapai keberhasilan yg tidak ia peroleh saat bernama Kertas.

5. KLa Project

Grup band asal Jakarta yang berdiri mulai sejak 1989 ini sempat sekian kali ganti namanya. Keluarnya Lilo pada th. 2001 dan masuknya Erwin Prasetya, Yoel Vai dan Hari Goro bikin Katon Bagaskara dan Adi Adrian merubah nama bandnya jadi NuKLa. Katon mengambil keputusan untuk kembali memakai nama KLa pada 2006. Alasannya, citra KLa lama masih tetap terlalu kuat dan susah untuk ditukar.

6. Marvells

Awalannya band ini memakai nama The Cat dan sempat melaunching satu album pada th. 2002 silam. Jeda yang lama dan atas perjanjian dengan pihak label, The Cat pada akhirnya merubah namanya jadi Marvells pada th. 2007 sekaligus menandai album baru mereka. Beberapa personel berasumsi Marvells memilih arti yang bagus untuk digunakan band mereka, yaitu keajaiban.

7. Gugun Blues Shelter

Gugun Blues Shelter sempat popular dengan nama The Blues Bug pada awal terbentuknya band, 2004. Sebelumnya menggantinya dengan nama Gugun Blues Shelter, mereka lebih dahulu memakai nama Blue Hand Gang. Gugun dan kawan-kawan sangat terpaksa meninggalkan nama The Blues Bug setelah tahu ada sebuah band asal Yunani yang lebih dahulu memakai nama yang sama.

8. Yovie & Nuno

Walau tidaklah terlalu mencolok, Yovie & Nuno sebelumnya sempat memakai Yovie & The Nuno pada th. 2004. Tetapi mereka kembali memakai nama lama mereka pada th. 2007, tepat ketika Yovie dan kawan-kawan melaunching album ketiga mereka, THE SPECIAL ONE.

9. SETIA BAND

Grup band indonesia yang digawangi oleh Charlie ini yang sebelumnya bernama ST12. Ditukar karena hanya tinggal dua personel yang bertahan pada band ST12. Pergantian nama band jadi Setia Band ini tidaklah terlalu mengagetkan, yang dirubah pada th. 2012 lalu. Mengusung rencana baru, Charlie menggaet seseorang wanita muda jadi drummernya.

10. Vierratale

Pergantian nama yang dengan cara mendadak ini, sontak mengagetkan Vierrania dan umum. Mengapa tidak? Nama Vierra yang sangatlah di kenal mendadak ditukar demikian saja jadi Vierratale. Asal kata Vierratale yakni FairyTale atau narasi dongeng rakyat dan mengambil kata tale dan menaruhnya dibelakang nama Band yang digawangi oleh Kevin Aprilio, Widi, dan yang lain. Arti Vierratale yakni mengenai kehidupan empat orang bak dongeng. Pergantian nama ini ditetapkan pada bln. Februari 2013 dan sekaligus keluarkan single paling barunya.

Pasti ada alasan dan pertimbangan yang masak untuk mereka sebelumnya memutuskan untuk ganti nama band mereka. Nama mana yang lebih baik? Kamu pasti berpendapat sendiri kan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s