5 Grup Band Indonesia yang Terkenal

Image result for 1. The Tielman Brothers

1. The Tielman Brothers

The Tielman Brothers yaitu sebuah group musik asal Indonesia. Mereka yaitu anak dari Herman Tielman asal Kupang dan Flora Lorine Hess asal Semarang Musik mereka beraliran rock and roll, tetapi beberapa orang di Belanda umum menyebutkan musik mereka Indorock, sebuah kombinasi pada musik Indonesia dan Barat, dan memiliki akar di Keroncong. The Tielman Brothers yaitu yang band Belanda-Indonesia pertama yang sukses masuk internasional pada 1950-an. Mereka yaitu salah satu perintis rock and roll di Belanda. Band ini cukup populer di Eropa, jauh sebelumnya The Beatles dan The Rolling Stones.

The Tielman Brothers diakui lebih dahulu mengenalkan musik beraliran rock sebelumnya The Beatles. Tindakan panggung mereka di kenal selalu atraktif dan menghibur. Mereka tampil sembari melompat-lompat, berguling-guling, dan menghadirkan permainan gitar, bass, dan drum yang menawan. Andy Tielman, sangfrontman, bahkan juga diakui sudah memopulerkan atraksi bermain gitar dengan gigi, di belakang kepala atau di belakang tubuh jauh sebelumnya Jimi Hendrix, Jimmy Page atau Ritchie Blackmore.

2. Slank

Slank yaitu sebuah group musik di Indonesia. Dibuat oleh Bimbim pada 26 Desember 1983 karena jemu bermain musik jadi cover band dan miliki hasrat yang kuat untuk mencipta lagu sendiri. Dan sukses jadi salah satu musisi bersejarah dan dikenang dan berpengaruh selama hidup di Indonesia. Diluar itu Slank juga menyandang predikat Indonesia’s Highest-Paid Music Star (bintang musik berbayaran termahal) pada th. 2008 dan 2009 dengan honor Rp 500 Juta per show. Kiprah group band yang satu ini merambah sampai ke beragam negara seperti Amerika, Jepang, Korea dan negara yang lain.

3. Gugun Blues Shelter

Gugun Blues Shelter yaitu grup band Indonesia ber-aliran blues, yang dibuat Jakarta, Indonesia, pada th. 2004. Beberapa anggotanya saat ini diantaranya Gugun (gitar), Jono (bass) and Bowie (drum). Merka sudah melaunching tiga album, Get The Bug (2004), Turn It On (2007) dan Gugun Blues Shelter (2010). Aliran musik blues mungkin masih tetap belum popular di Tanah Air. Tetapi Gugun Blues Shelter, band asal Indonesia, malah mendunia karena genre musik blues. Trio pemusik ini memenangi pertandingan tingkat internasional dan tampil sebagai band Indonesia dan Asia Tenggara pertama di festival musik paling besar didunia di Hyde Park, London, Inggris, akhir Juni silam.

Gugun Blues Shelter memang tidak mau setengah setengah. Saat ini, mereka berhimpun dibawah naungan Grooveyard Record, sebuah label himpunan dari gitaris top dunia yang bermarkas di Amerika. Album mereka juga telah launching di Negeri Paman Sam, yang hanya di pasarkan di Benua Amerika dan Eropa.

4. Burgerkill

Burgerkill yaitu sebuah band metalcore yang datang dari kota Bandung, Jawa Barat. Di sekitar awal th. 1999, mereka memperoleh tawaran dari perusahaan rekaman independent Malaysia, Anak Liar Records yang selesai dengan deal melaunching album Three Ways Split berbarengan dengan band Infireal (Malaysia) dan Watch It Fall (Perancis). Mereka jadi nominator Band Independent Paling baik ala majalah NewsMusik di th. 2000. Awal th. 2001 pun mereka sukses melakukan hubungan kerja dengan sebuah perusahaan product sport apparel asal Amerika : Puma yang selama 1 th. mendukung setiap saat Burgerkill melakukan pementasan. Dan mulai sejak Oktober 2002 sebuah product clothing asal Australia : INSIGHT juga mendukung dalam setiap tampilan mereka.

Band ini pernah satu panggung dengan beberapa band luar deperti The Black Dahlia Murder, As I Lay Dying, dan Himsa. Band ini dapat di tandatangani kontrak dengan Xenophobic Record Australia. Grup band ini melaunching album baru mereka, Venomous pada bulan Juni 2011.

5. Superman Is Dead

Superman Is Dead (disingkat SID) yaitu sebuah group musik dari Bali, bermarkas di Poppies Lane II – Kuta. Group musik ini beranggotakan tiga pemuda asal Bali, yakni : Bobby Kool sebagai gitaris dan vokalis, Eka Rock sebagi bassis, dan Jerinx sebagai drummer.

Album ke empat yang launching th. 2009 pada mayor label ini mengesankan kalau makin dewasanya SID. Masih tetap seperti album sebelumnya, SID tetaplah memercayakan lirik sosial dan perlawanan pada penindasaan. Album kesempatan ini SID masih tetap memainkan musik punkrock dengan sentuhan rock n’ roll. Album SID ini memetik kesuksesan. Satu diantaranya yaitu SID sukses diundang keWarped Tur Festival di Amerika Serikat dan melakukan tur di beberapa kota di USA. Ini adalah kesuksesan SID karena adalah hanya satu band Indonesia dan band kedua di Asia yang di panggil ke Warped Tur meskipun album mereka tidak launching di USA.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s