5 Grup Band Rock Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Image result for The Rolling Stones

1.The Rolling Stones

Salah satu band legendaris lainnya yaitu The Rolling Stones. Band ini beranggotakan Mick Jagger, Keith Richards, Brian Jones, Mick Avory dan Dick Taylor. The Rolling Stones membuahkan hits-hits populer seperti Satisfaction, Paint It Black, Angie, Sympathy of The Devil dan sebagainya.

The Rolling Stones yaitu sebuah band rock Inggris yang mulai populer mulai sejak th. 1960-an masih tetap populer sampai saat ini. Jika dianalogikan, The Rolling Stones yaitu sebuah batu yang sampai saat ini masih tetap menggelinding, tak tahu sampai kapan.

Dibuat di London, Januari 1963. Namun sebenarnya cikal akan Stones telah ada mulai sejak th. 1962 dengan formasi awal yang terbagi dalam Mick Jagger (Vokal, Harmonika), Keith Richards (Lead Gitar, Harmonika), Brian Jones (Rhytm Gitar, Harmonika), Mick Avory (Drums) dan Dick Taylor (Bass). Nantinya sang drummer Mick Avory pada akhirnya berhimpun dengan The Kinks dbp Ray davies, dan Dick Taylor membangun bandnya sendiri yakni The Pretty Things

Band dengan formasi kuintet ini didirikan oleh Brian Jones (kelahiran Cheltenham, Inggris, 28 Februari 1942). Ia meninggalkan Cheltenham dan pergi ke London untuk bikin group musik. Sebelumnya membangun The Rolling Stones, Brian sempat berhimpun dengan band Cheltone Six (Sebagai pemain klarinet) dan The Ramrods. Ketika di London, Brian berjumpa dengan Mick Jagger dan Keith Richards, yang di mana pada akhirnya mereka bertiga membuat sebuah group musik yang bernama Little Blue & The Blue Boys.

Dimuka penampilannya formasi Rolling Stones yaitu Mick Jagger (vokal), Keith Richards (gitar), Brian Jones (multi instrumentalis), Bill Wyman (bass), Charlie Watts (drum) dan paling akhir Ian Stewards (keyboard) yang setelah diperhitungkan telah tidak cocok lagi dengan pujaan remaja (pada saat itu) ada sumber lain yang menyebutkan grup band dengan anggota 6 orang, personilnya semakin lebih susah di kenal satu persatu oleh pengagum di banding band dengan anggota 4 atau 5 orang, pada akhirnya keluar dengan hormat dari formasi grup musik itu dan lalu jadi tur manager sekaligus pemain keyboard grup ini pada th. 1963 sampai meninggal dunia th. 1985. Jones dikira memimpin band selama Jagger dan Richards membuat lagu yang nantinya jadi lagu-lagu hit grup ini, Sampai th. 1969 fungsi Jones semakin jauh menyusut bahkan juga dia tidak dapat turut tour ke Amerika Serikat karena alasan hukum, dia mengundurkan diri dengan hormat dari band itu.

Beberapa minggu lalu Jones diketemukan tewas terbenam. Gitaris Mick Taylor ganti posisinya berhimpun dengan Rolling Stones dan mungundurkan diri th. 1974, lalu posisinya digantikan oleh Ronnie Wood. Bill Wyman mengundurkan diri th. 1992 posisinya ditukar Darryl Jones namun tidak masuk dalam formasi band seutuhnya.

The Rolling Stones saat ini jadi salah satu ikon musik rock didunia dan populer dengan logo lidah menjulurnya.

2. Queen

Berbeda dengan yang lain, Queen mengusung genre musik kombinasi pada rock, classic dan opera. Queen yang digawangi oleh Freddie Mercury juga membuahkan banyak lagu legendaris seperti Bohemian Rhapsody, Love of My Life, I Want To Break Free, We are The Champions, dan sebagainya. Musik kombinasi rock-opera banyak dipertontonkan dalam album A Night At Opera yang terjual laku ke semua dunia.

Queen yaitu grup musik rock dari Britania Raya yang berjaya pada th. 70-an sampai saat ini. Bahkan juga sampai saat ini mereka masih tetap populer, terlebih karena lagu-lagunya yang sering diputar seperti ” We Are the Champions “, ” Bohemian Rhapsody ” dan ” We Will Rock You “. Mereka mulai sejak awal sampai akhir tidak pernah alami perubahan personel, dengan empat anggota John Deacon, Brian May, Freddie Mercury dan Roger Taylor. Semua personil Queen bergelar sarjana. Queen adalah band pertama dengan personil semua sarjana. Queen sempat vakum dimuka 1990-an ketika Freddie Mercury wafat dunia karena AIDS. Walau demikian, mereka masih tetap sempat keluarkan album baru, yakni Made In Heaven pada 1995 dengan memakai nada Mercury yang direkam sebelumnya.

Mereka sempat juga keluarkan singel baru, No-One But You (Only The Good Die Young) pada 1997. Di singel ini, gitaris Brian May dan drumer Roger Taylor merangkap sebagai vokalis karena Queen belum memperoleh vokalis tetaplah. Sebelumnya, Queen sempat mengadakan proyek Queen +…. Proyek ini yaitu proyek dimana Queen bekerjasama dengan artis-artis yang lain seperti George Michael, Elton John, David Bowie, dsb. Queen +… telah terlihat mulai sejak diadakannya The Freddie Mercury Tribute Concertuntuk kembali kenang Freddie Mercury pada 1992. Hanya saja, Queen +… hanya menyanyikan lagu-lagu lama mereka sebagai hits, seperti Somebody to Love, Too Much Love Will Kill You, dsb. Setelah launching singel No-One But You (Only The Good Die Young), basis John Deacon mengambil keputusan untuk mengakhiri kebersamaannya dengan Queen. Pada 2004, Queen temukan vokalis baru, yakni Paul Rodgers. Mereka sempat mengadakan show di Hyde Park, Sheffield, Inggris. Pada 2008, Queen dan Paul Rodgers keluarkan album baru berjudul Cosmos Rocks dengan singel Say Its Not True, C-Lebrity, dan We Believe. Tetapi Queen + Paul Rodgers usai pada th. 2009. Pada th. 2012, Queen pun bertukar frontman yakni, Adam Lambert.

Queen pertama kalinya tampil berbarengan Adam pada MTV EMA th. 2011 dan kebetulan Queen memenangkan nominasi Global Icon.

3. Led Zeppellin

Led Zeppelin termasuk juga salah satu band yang memiliki banyak genre, selain rock pastinya. Led Zeppelin dapat membawakan lagu-lagu bergenre blues, heavy metal, soul, jazz dan sebagainya. Band asal Inggris membuahkan hits-hits mendunia seperti Black Dog, Ramble On dan sudah pasti Stairway To Heaven.

Led Zeppelin yaitu grup band terpopuler musik rock dari Inggris yang dibuat bln. September 1968, dan dibubarkan setelah pemain drum John Bonham wafat. Led Zeppelin terbagi dalam Jimmy Page, Robert Plant, John Paul Jones, dan John Bonham. Dengan musiknya yang menonjolkan nada gitar yang keras dan berat, Led Zeppelin dikira sebagai salah satu band heavy metal yang pertama. Beberapa besar lagu-lagu mereka adalah interpretasi musik blues dan folk yang di beri nuansa rock, termasuk rockabilly, reggae, soul, funk, jazz, musik classic, musik Kelt, musik India, musik Arab, musik pop, musik Amerika Latin, dan musik country.

Led Zeppelin tidak pernah melaunching singel dari lagu-lagunya sebagai popular di Britania Raya. Alasannya, mereka lebih menyukai rencana musik rock bertujuan album.
Setelah 25 th. bubar akibat wafatnya John Bonham pada th. 1980, Led Zeppelin tetaplah disanjung pengagum musik karena pencapaian artistik, keberhasilan komersial, dan pengaruhnya yang luas di kelompok musisi rock. Sampai saat ini, album Led Zeppelin sudah laris kian lebih 300 juta keping, salah satunya, 109, 5 juta keping laris di Amerika Serikat, dan jadi hanya satu group musik yang sukses meletakkan semua albumnya kedalam urutan Top 10 tangga album Billboard. Diluar itu, Led Zeppelin menempati urutan nomor satu dalam Daftar 100 Artis Hard Rock Paling besar (100 Greatest Artists of Hard Rock) versus VH1.

Pada 10 Desember 2007, tiga orang anggota Led Zeppelin mengadakan konser reuni yang dipersembahkan untuk Ahmet Ertegün di The O2, London.

4. Metallica

Band asal California, Amerika Serikat ini populer dengan musik rock metal kerasnya. Metallica banyak juga membuahkan lagu-lagu rock popular seperti Enter Sandman, I Disappear, One dan Master of Puppets. Nama Metallica sendiri bermula dari inspirasi nama drummer, Ulreich yang ingin mencarikan nama untuk majalah rekannya.
Metallicas didirikan pertama kalinya di Los Angeles – Amerika Serikat dengan nama The Young of Metal Attack. Beberapa bln. lalu group ini bertukar nama dengan Metallica yang konon adalah paduan kata Metal dan Vodca. Nama Metallica sendiri sesungguhnya yaitu nama yang diusulkan untuk sebuah majalah musik yang dicuri oleh Lars Ulrich sebelumnya majalah itu memperoleh nama itu.

Formasi pertama Metallica yaitu Lars Ulrich (drum), James Hetfield (vokal dan gitar), Lloyd Grant (gitar) dan Ron Mc Govney (bass). Formasi berikut yang lalu melahirkan lagu pertama berjudul Hit The Light, yang lalu masuk album gabungan rock Metal Massacre th. 1981.
Setelah Metal Massacre mengedar, Grant dan Ron mengundurkan diri. Posisi Grant digantikan oleh Dave Mustaine dan posisi Ron digantikan Cliff Burton. Formasi ini lalu pada Juli 1982 keluarkan demo-album No Life Till Leather. Demo berikut yang lalu mengantarkan Metallica memperoleh agen dan lalu pindah ke New York.

Pada 1983, Metallica merencanakan akan melakukan tour pendek kebeberapa kota. Sayang Hetfield dan Mustaine jadi ikut serta konflik, sampai pada akhirnya Mustaine keluar dan lalu membangun Megadeth. Posisi Mustaine digantikan oleh Kirk Hammett, gitaris dari group Exodus. Formasi ketiga berikut yang lalu keluarkan album Kill ‘Em All pada bln. Mei 1983.

Pada th. 1984, Metallica makin besar dengan menerbitkan album Ride the Lightning. Album ini bertahan 50 minggu dalam Billboard Top 200. Untuk membuat lancar promosi mereka juga keluarkan mini album Jump In The Fire.
September 1985, Metallica menghasilkan album Master Of Puppets. Kembali Metallica masuk Billboard Top 40 selama 72 minggu. Album ini adalah album yang mencapai platinum tanpa ada single dan video.

Tanggal 27 September 1986, dalam perjalanan tour ke Skandinavia – bus yang mereka tumpangi alami kecelakaan dan Cliff Burton (bass) wafat dunia. Momen ini demikian memukul semua anggota band. Bahkan juga Dave Mustaine yang sudah membangun Megadeth, kembali kenang kematian Cliff dalam lagu In My Darkest Hour (album Megadeth : So far.. So Good.. So What!). Oktober 1986, posisi Cliff Burton digantikan oleh Jason Newsted, basis dari group Floatsam And Jetsam.

Album… And Juicetice For All mengedar September 1988. Disinilah Metallica mulai keluarkan video klip. Video pertama mereka yaitu untuk lagu One, video ini meraih nomor 1 di MTV. Kesuksesan ini lalu mendorong produksi video klip Cliff ‘Em All sebuah video masa lalu untuk Cliff Burton.

Akhir 1990 album Metallica direkam. Album ini bikin Metallica meraih penjualan quadruple platinum dan jadi album nomor satu di delapan negara Amerika dan Eropa. Dan mencapai penghargaan Grammy Award, kelompok Penampil Metal Paling baik dua th. berturut-turut.

Basis jason Newsted mengundurkan diri dari band setelah berseteru dengan James Hetfield. Konflik ini dikarenakan Jason Newsted lebih menggunakan waktu dengan proyek-nya sendiri. Anggota band yang lain berasumsi Metallica harus diprioritaskan, walau ketika itu Metallica tengah vakum.

Group ini ketika ini beranggotakan Lars Ulrich (drums), James Hetfield (vokal dan gitar), Kirk Hammett (gitar) dan Robert Trujillo (bass). Bekas anggota yang lain termasuk Ron McGovney (bass), Dave Mustaine (gitar), Cliff Burton (bass) dan Jason Newsted (bass).
Pada tanggal 10 Agustus 2008 Metallica pada akhirnya sudah merampungkan sistem rekaman album studio baru mereka yang ke sembilan ” Death Magnetic ” yang di luncurkan pada tanggal 12 September 2008 di semua dunia. Album itu diproduseri oleh ” Rick Rubin ” dan sistem rekaman dilakukan di Sound City Studios, Shangri La Studios dan di studio Metallica sendiri. Single dan video klip pertama mereka ” The Day That Never Comes ” akan launching akhir bln. ini. Sebagai penambahan kamu dapat mengunduh semua lagu dari album itu untuk dipakai dalam game ” Guitar Hero III ” pada hari saat peluncuran album ” Death Magnetic ” itu.

Pada 1 November 2011, metallica berbarengan Band Lou Reed merlilis album dan pada 13 desember 2011 mereka keluarkan EP mereka yang paling baru berjudul ” Beyond Magnetic “.

5. U2

U2 jadi salah satu group band yang eksis dalam 4 dekade, yakni mulai di masa 80′-an, 90′-an, 2000’-an dan sampai saat ini. Band yang digawangi oleh Bono, The Edge, Adam Clayton dan Larry Mullen Jr membuahkan banyak single andalan seperti With or Without You, Vertigo, New Years Day, Sunday Bloody Sunday, dan yang paling fenomenal, One. Album tersukses U2 yaitu The Joshua Tree pada th. 1987 lalu.

Berawal dari Iklan Mading yang ditempel di sebuah sekolah menengah atas di Dublin, Irlandia, dan dapur tempat tinggalnya Larry Mullen, Jr. jadi saksi histori terbentuknya U2. Iklan yang nyatanya dipasang Larry Mullen itu sukses menarik ketertarikan 6-7 orang. Tempat audisi pun berjalan di dapur sempit di tempat tinggalnya. Dari situ terhimpunlah Dave Evans atau The Edge (gitar), Adam Clayton (bas), dan Paul Hewson (Bono).

Dimuka kehadirannya group ini memilih nama Feedback dan banyak melantunkan cover lagu dari group Beatles. Pada th. 1977, nama mereka bertukar lagi jadi Hype. Karena group ini ditinggalkan oleh Dick Evans maka mereka pun nama group bandnya jadi U2. Dengan memprioritaskan nada gitar, warna musik U2 jadi lebih bergaya post-punk, sebuah hal yang ironis karena pada th. ’76 ketika U2 baru dibuat, musik punk bahkan juga belum sampai ke Irlandia.

Keberuntungan baru datang pada 1980, ketika mereka berhimpun dengan Island Records, yang didirikan oleh Chris Blackwell. Mereka melaunching Boy, sebuah album yang dinilai sebagai karya yang sangat pas dengan anak muda. Jati diri khas U2 baru terlihat terang ketika mereka melaunching War pada 1983. Lagu Sunday, Bloody Sunday, yang mengulas mengenai kekerasan di Irlandia Utara, segera jadi cap kalau U2 band idealistis dan politis. U2 tenang-tenang saja dan jadi milih lagu ini jadi lagu kebangsaan.

Setelah berhasil menjajah Inggris, pelan-pelan mereka menggempur Amerika. Tour mereka di tanah jajahan baru ini laku. Pada th. 1985 majalah Rolling Stone menjuluki U2 jadi Band 1980-an, untuk fans rock and roll yang jumlahnya selalu jadi bertambah, U2 jadi band yang paling dikira, mungkin bahkan juga hanya satu band yang paling penting.

U2 betul-betul berada di puncak ketika The Joshua Tree launching th. 1987. Album ini merebut posisi nomor satu di daftar album terlaris Inggris kurun waktu sangat singkat, dan lalu mulai merambah Amerika dan bertahan sampai sembilan minggu. Karena lagu andalannya betul-betul merajai, U2 sempat jadi laporan utama majalah Time dengan judul Tiket Rock Terpanas. Berikut kehormatan yang hanya didapat oleh dua band lain, The Beatles dan The Who.

Saat ini, nyaris 30 th. lalu, U2 masih tetap berjaya sebagai salah satu band paling berpengaruh didunia dan memperoleh bermacam penghargaan, termasuk 22 buah Grammy Awards.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s