12 Resiko Penggunaan Sepatu Hak Tinggi

Image result for Sepatu Hak Tinggi

Tidak dipungkiri kalau setiap wanita ingin selalu terlihat menarik dan berpenampilan OK. semua yang dipakai harus serba mecing, terlebih untuk kamu yang begitu memerhatikan model dan tren nih, seperti sepatu hak tinggi atau high heels, sepatu high heel tengah jadi tren dan demikian popular dalam dunia fashion, banyak dari jutaan wanita di dunia yang ikhlas menggunakan uangnya untuk beli sepasang sepatu safety online yang fantastis. namun, sadarkah mereka bila sepatu high heels yang mereka gunakan terus-terusan atau teratur setiap haridapat memiliki resiko untuk kesehatan badan.

Beberapa alasan kenapa wanita kenakan sepatu high heels, sebagian mereka karena ingin terlihat bentuk badannya ramping, beberapa yang lain karena mereka memiliki postur badan yang pendek, hingga mereka memakai sepatu high heels agar terlihat lebih tinggi dan PeDe ketika jalan.

Beberapa peneliti sudah temukan kalau, wanita muda yang kenakan sepatu hak tinggi selama 40 jam per minggu atau lebih, tanpa ada diakui perlahan dapat mengakibatkan cedera dan cacat badan.

Memakai sepatu hak tinggi untuk waktu yang lama dapat mengakibatkan pemendekan otot-otot betis, perataan lengkung kaki yang bisa menyebabkan permasalahan postural kritis. Ini akan memengaruhi susunan badan dengan cara normal. Oleh karenanya, wanita yang memakai sepatu hak tinggi untuk pertama kalinya akan rasakan sakit pada kaki dan kecanggungan saat jalan. Bahkan juga kaki terasa capek setelah beberapa saat. Seiring berjalannya waktu, sepatu hak tinggi, atau type lain dari sepatu safety dengan jari kaki yang sempit atau runcing dapat mengakibatkan :

1. Bunions
Ini yaitu perkembangan tulang yang terjadi di sekitar pangkal jempol kaki dan dapat mengakibatkan jempol kaki bengkok dan menghadap ke jari-jari kaki yang lain yang menyebabkan rasa nyeri.

2. Corns
Terjadi penebalan kulit, biasanya dikarenakan oleh gesekan berulang pada sepatu. Corns dapat jadi menyakitkan dari waktu ke waktu dan hal semacam ini sering terjadi berbarengan dengan bunions.

3. Hammer toe
Suatu keadaan dimana ujung jari kaki, biasanya jari kedua, dipaksa turun oleh sepatu yang bisa menyebabkan deformitas. Hal semacam ini hanya dapat diperbaiki dengan pertolongan perlengkapan medis tertentu atau operasi.

4. Morton’s neuroma
Terjadi cedera pada saraf di pertengahan kaki. Ini akan mengakibatkan jaringan di sekitar daerah itu menebal, dan dapat mengakibatkan rasa sakit dan mati rasa. Pembedahan terkadang diperlukan untuk menyingkirkan jaringan ini untuk mengurangi beban pasien.

5. Pump bump
Dengan cara tehnis dimaksud Haglund’s deformity, ini yaitu perkembangan tulang yang terjadi pada tumit sebagai akibatnya karena desakan konstan dan gesekan punggung kaku dan tali dari sepatu hak tinggi. Hanya satu cara untuk menyembuhkan kelainan ini yaitu operasi, untuk menyingkirkan tulang yang berlebihan.

6. Metatarsalgia
Ini yaitu type peradangan yang menyakitkan, terjadi pada bola mata kaki sebagai akibatnya karena desakan berulang pada tulang metatarsal, yang disebut tulang yang terdapat diantara jari-jari kaki dan lengkungan kaki.

Sepatu hak tinggi juga tingkatkan resiko cedera pergelangan kaki, karena akan mengganggu keseimbangan. Makin tinggi tumit, resiko cedera semakin tinggi. Kondisi ini dapat bikin susah untuk jalan, terlebih untuk perempuan yang memiliki badan lebih mungil, kaki lebih pendek dan kaki yang lebih kecil, karena harus mengkompensasi tumit yang ekstra tinggi dengan sepatu mereka, ini akan tingkatkan resiko tersandung atau jatuh, mengakibatkan strain dan keseleo pada pergelangan kaki.

7. osteoarthritis
menurut beberapa pakar memakai sepatu hak tinggi dalam periode panjang dapat menyebabkan osteoarthritis pada lutut dan degenerasi sendi. Hal semacam ini dikarenakan high heels memberi desakan berlebihan pada lutut, hingga dapat menyebabkan degradasi sendi pada lutut.

8. Otot Badan Mengecil
Badan yg tidak seimbang yang dibuat dari pemakaian sepatu high heels dalam periode yang cukup lama, hingga akan menyebabkan permasalahan pada otot-otot badan kamu. Otot-otot akan mengecil bahkan juga riset temukan pemakaian sepatu hak tinggi dalam aktivitas keseharian akan memperpendek otot kaki kamu. Hal semacam ini karena sebab sepatu high heels mendorong kamu untuk jalan jinjit.

9. Menyebabkan Badan Melengkung
Pemakaian high heels yang terus-terusan akan bikin postur badan kamu beralih, hingga terjadi pergantian pada pinggul dan tulang belakang jadi tidak sejajar, berikut yang mengakibatkan badan kamu terlihat melengkung diluar itu akan memengaruhi cara jalan kamu ketika kamu melepas high heels dikehidupan keseharian.

10. Penyebabnya Tumor jinak
Pada intinya kamu harus sesuaikan bentuk high heels dengan kaki kamu, hingga kamu tampil nyaman. Selain kenyamanan, nyatanya bentuk juga sangat memengaruhi kesehatan kamu. Upayakan kamu memilih high heels yang akan tidak menyebabkan peyempitan dan tidaklah terlalu tinggi. Pemakaian sepatu hak tinggi yang sering dengan ketinggian yang berlebihan akan menyebabkan penebalan jaringan saraf pada jari kaki ketiga dan ke empat, hingga menyebabkan rasa nyeri pada jari hingga menyebabkan tumor jinak.

11. Kemungkinan sering Keseleo
Untuk kamu yang memang sering memakai high heels pada setiap kesibukan kamu baiknya dibatasi baik dari lama waktu pemakaian atau ketinggian. Tidak semua high heels memberi kenyaman untuk aktivitas kamu, salah satunya ketidaknyaman disebabkan karena tumpuan hanya pada ujung kaki hingga bikin kamu kesusahan untuk bebas bergerak apabila dipaksakan melakukan aktivitas ekstra akan mengakibatkan keseleo pada pergelangan kaki.

12. Masalah Kesehatan Untuk Ibu Hamil
Ibu hamil batasi pemakaian sepatu hak tinggi, bila memang aktivitas kamu mengharuskan pemakaian sepatu hak tinggi upayakan tidak memilih hak yang kian lebih 5 cm, hingga badan kamu kesusahan untuk menyokong badan. Bila kamu memaksakan untuk memakai sepatu hak tinggi maka di kuatirkan akan menyebabkan sakit punggung, hal semacam ini disebabkan karena ketika tengah hamil akibat ada penambahan hormon relaxin yang dibuat dari indung telur. Keadaan ini semakin lebih kronis ketika kamu memakai sepatu hak tinggi ketika tengah hamil dan memberi kemelut pada punggung kamu. Keseimbangan karena penambahan berat tubuh kamu ketika hamil ditakutkan akan memengaruhi cara jalan kamu hingga menyebabkan kamu keseleo.

Bila Kamu seseorang yang pro sepatu hak tinggi, pastikan Kamu mengambil beberapa aksi yang lebih aman saat memakainya.

  • Kamu harus berusaha untuk memakai tumit pendek dengan ukuran tinggi 1 sampai 2 inci karena hal semacam ini akan tidak menyebabkan banyak permasalahan.
  • Saat kenakan sepatu hak tinggi, upayakan agar Kamu tidak berada dalam posisi berdiri atau jalan untuk waktu yang lama, Kamu harus lebih banyak berada dalam posisi duduk yang nyaman untuk hindari desakan pada kaki Kamu.
  • Biasanya, dalam design sepatu bertumit tinggi, ujung sepatunya meruncing dan meremukkan ujung kaki, hingga berat tubuh dengan cara automatis jatuh pada kaki yang bisa mengakibatkan rasa sakit yang hebat. Pilihan paling baik untuk menangani permasalahan ini yaitu dengan memakai sepatu kaki terbuka yang sangat mungkin kaki Kamu dapat melakukan beberapa gerakan untuk relaksasi.
  • Selalu memilih ukuran sepatu yang semakin besar dari biasanya, agar kaki dapat terasa tambah nyaman.

Untuk kamu yang memang tidak dapat lepas untuk memakai sepatu high heels, saat ini kamu bisa fikirkan lagi dengan resiko-resikonya yang akan terjadi, mungkin kamu bis memakai sepatu dengan hak yang tingginya kurang dari 5cm dan dengan hak yang lebih lebar, agar lebih aman ketika kamu dipakai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s