Sepatu Keselamatan Kerja, Sarana Keselamatan bagi Pekerja

Related imageKesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Yaitu Bentuk Upaya Dari Suatu Perusahaan Untuk Melindungi Pegawai/Karyawannya Dari Bahaya Kecelakaan Kerja Yang Terjadi Di Perusahaan Itu. Setiap Perusahaan Memiliki Prosedur K3 Yang Bertujuan Untuk Mengurangi Angka Kecelakaan Kerja Di Perusahaan Mereka. Mengetahui Kalau K3 Yaitu Hal Penting Dalam Suatu Industry Atau Perusahaan, Ada Saja Petugas K3 Yang Hanya Di Sertakan Jika Terdengar Gosip Berkaitan Dengan K3 Dalam Perusahaan Itu.

Banyak Juga Perusahaan Yang Acuh Dalam Proses K3, Mereka Condong Sadar Kalau Pentingnya K3 Itu Setelah Terjadi Kecelakaan Di Perusahaan Mereka Bahkan juga Sampai Mengakibatkan Hilangnya Nyawa Seorang Dan Yang Menyebabkan Kerugian Yang Sangat Besar.

Semestinya Sistem K3 Harus Di Kerjakan Dengan cara Tegas Oleh Pegawai Mereka Mulai Dari Level Bawah Meskipun. Selain Kurangi Kemungkinan, Aplikasi Ini Juga Berusaha Mendisiplinkan Pegawai Mereka Kalau Setiap Pekerjaan Yang Mereka Kerjakan Itu Memiliki kandungan Bahaya Yang Meneror Mereka.

Bila Sistem K3 Dapat Di Aplikasikan Dalam Lingkungan Kerja Mereka, Maka Angka Kecelakaan Kerja Akan Menyusut, Tidak Ada Waktu Terbuang Karena Kecelakaan Kerja, Dan Produktifitas Pun Akan Naik Dengan Sendirinya.

Sepatu keselamatan kerja (safety shoes) adalah sepatu yang dipakai oleh karyawan, membuat perlindungan diri terlebih kaki mereka dari kejatuhan beban atau terlindas kendaraan proyek. Dengan memakai sepatu ini, semoga kecelakaan yang bisa menyebabkan cedera yang kronis akan terlepas.

Pada bagian depan atau bagian jari sepatu itu, ditempatkan toe cap (besi baja) yang enteng, hingga besi baja itu tersebut yang membuat perlindungan jari-jari kaki kita. Karena berdasar pada pengalaman, kecelakaan kerja banyak terjadi pada jari-jari kaki. Sedang untuk badan atau kepala, harus mempergunakan helm safety.

Di Indonesia, saat ini banyak produsen sepatu safety online, selain itu ada pula yang disebut import dari negara lain, terlebih China. Sepatu keselamatan kerja, adalah suatu prasyarat untuk perusahaan, sebagai bentuk keperduliannya pada keselamatan kerja karyawan. Diluar itu, adalah suatu prasyarat juga untuk peroleh ISO dan penghargaan nasional ataupun internasional. Karena prasyarat untuk peroleh pernyataan, keselamatan kerja adalah hal yang perlu di perhatikan, satu diantaranya kriteria untuk mempergunakan sepatu keselamatan kerja.

Customer yang memakai sepatu keselamatan kerja, adalah perusahaan-perusahaan yang beroperasi di sektor proyek pembangunan, perusahaan gas, perusahaan pertambangan, perusahaan oil company, kontraktor pembangunan jalan, karyawan di rig dan terlepas pantai, perusahaan pertambangan, perhotelan, pengelolaan gedung, pabrik baja, pabrik mobil, pabrik pesawat dan banyak yang lain. Hingga market untuk sepatu keselamatan kerja ini sangat besar dan luas. Pada intinya, sole bawah sepatu keselamatan kerja terbagi dalam :

  1. Sole Bahan Synthetic, di mana kombinasi kimia synthetic yang padat, hingga sepatu ini kuat dan keras. Sole bawah sepatu safety keselamatan kerja yang memakai synthetic, dipakai untuk tempat kerja yang berat, seperti tempat kerja yang banyak bahan kimianya, banyak benda-benda tajam atau pecahan kaca dan tempat kerja yang lantainya sangat panas yang dapat meraih 100 derajat celcius, hingga sole sepatu keselamatan kerja yang terbuat berbahan synthetic yang sesuai di gunakan. Contoh : Pada perusahaan baja.
  2. Sole Bahan Polyurethane, di mana pada bahan ini sole sepatu akan empuk dan enteng, hingga sepatu keselamatan kerja yang memakai sole ini, sesuai dipakai oleh karyawan yang berada di tempat pekerjaan yang tidaklah terlalu berat, seperti di gudang, dibagian produksi yang tak ada pecahan-pecahan besi, atau benda tajam yang lain. Walaupun itu, kadang-kadang ada customer yang bekerja di tempat banyak benda tajam, namun memohon sole terbuat dari polyurethane yang tuturnya lebih enteng. Hal semacam ini dapat dilakukan, jika pada sepatu itu di antara sole bawah dan sole dalam ditempatkan mid sole yang terbuta dari baja ringan, hingga kaki dapat lebih aman dari tusukan benda tajam.

Sekianlah manfaat sepatu keselamatan keraj (safety shoes) dan pemakaian sepatu ini sangat penting untuk keamanan karyawan, terlebih yang bekerja di pabrik-pabrik dan agar manajemen atau perusahaan membuahkan hasil yang namanya zero accident.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s