Cara Memilih Sepatu Wall Climbing

Image result for wall climbing outfit

Hal pertama yang terlintas ketika membicarakan sepatu wall climbing ialah mahal. Namun untuk kamu yang gemar panjat tebing dan menekuni hobi ini, sepatu yaitu investasi utama yang perlu dimiliki. Sepatu wall climbing sangat menolong pemanjatan di semua type dan bentuk jalur. Penggunaannya berperan membuat perlindungan dan mempermudah kaki dalam mencapai tebing.

Ada sangat banyak brand dan merk sepatu khusus panjat tebing yang di pasarkan. Salah satunya seperti La Sprotiva, Fiveten, Boreal dsb. Semasing merk masih tetap memiliki macam type yang disesuikan keperluan pemanjat. Beberapa merk sepatu wall climbing juga miliki ciri khas dalam material karet dan tehnologi yang diaplikasikan.

Nah, untuk kamu yang ingin memilih sepatu safety yang tepat sebaiknya memerhatikan tips berikut ini. Ada beberapa poin yang perlu anda perhatikan, terutama untuk pemanjat pemula. Apa saja itu? Ini penuturannya.

Beli Sepatu Sesuai Biaya yang Ada

Dapat dimaklumi apabila tidak semua pemanjat dapat membelisepatu wall climbing. Harga nya memang mahal, namun anda dapat mengakalinya dengan beli sepatu sisa yang masih tetap baik. Ini jalan keluar paling baik ketika belum ada biaya beli sepatu baru. Memakai sepatu sisa juga lebih disarankan dari pada memanjat dengan telanjang kaki yang sangat berisiko cidera.

Beli Sepatu Sesuai Tingkat Kemahiran

Untuk pemula baiknya tidak memilih sepatu La SPortiva Testarossa atau Fiveten Anasazi. Alasannya tehnik kaki belum mahir pemula dapat bikin karet sol sepatu cepat habis. Dari pada buang-buang dana banyak lebih baik mencari yang murah, nyaman dan tahan lama. Sepatu type ini biasanya dimaksud all purpose yang pas untuk semua type pemanjatan.

Janganlah Beli Sepatu Murah Bila Telah Pro

Anda yang telah cukup mahir dan punya kebiasaan memakai sepatu kelas menengah dianjurkan tidak beli sepatu safety online murah. Itu hanya buang-buang uang karena biasanya akan tidak terpakai. Beberapa pemanjat pro telah nyaman dengan sepatu mahal yang lebih berkwalitas mendukung aktivitasnya.

Pilih Sepatu sesuai Type Rute, Macam dan Tehnik Pemanjatan

Setiap sepatu di desain untuk type, rute, macam dan tehnik pemanjatan yang tidak sama. Jadi anda perlu menyesuaikannya ketika akan memilih untuk wall climbing. Untuk crack climbing pilihlah sepatu memiliki bahan keras yang membuat perlindungan pergelangan dan mata kaki dari rasa sakit. Untuk sport climbing cocokkan dengan feature muka tebing. Biasanya pemanjat memilih sepatu yang dapat buat edging dan pocket.

Sepatu sport climbing lebih agresif dan peka. Saat memanjat anda masih tetap dapat rasakan pijakan tebing hingga mudah mengontrol kaki. Diluar itu juga pas untuk bermacam pemanjatan tebing dan penggunanya sangat jarang terpeleset.

Lalu untuk bouldering pilihlah sepatu yang mudah dilepaskan dan dipasang. Misalnya seperti velcro atau slipper. Alasannya karena bouldering memakai banyak rute pendek dan diselingi sekian kali istirahat. Namun anda tetaplah perlu penyesuaian tehnik, karena sepatu jenis velcro atau slipper juga memiliki kekurangan mudah terlepas dan tergelincir.

Pilih Sepatu yang Ketat

Saat beli sepatu wall climbing cari ukuran yang seketat mungkin. Dimuka mungkin akan terasa sakit, namun pada akhirnya anda akan memperoleh banyak keuntungan. Sepatu panjat tebing yang digunakan makin lama akan melar dan jadi cocok untuk ukuran kaki. Dengan hal tersebut anda tidak harus beli lagi saat sepatu kebesaran.

Cara memilih sepatu yang ketat adalah pertama mencari ukuran yang cocok. Contoh 38 EURO. Bila telah ketemu belilah sepatu dengan ukuran satu tingkat ke bawah yaitu 27 EURO atau 37 1/2. Janganlah lupa melepas kaos kaki ketika coba ukuran sepatu. Sepatu yang berkwalitas jari kaki akan sedikit menekuk dan menyentuh muka sepatu. Untuk stretch pilihlah sesuai selera dari kulit atau sinetis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s