PENGERTIAN GLOCKOUT TAGOUT

Image result for PENGERTIAN LOCKOUT TAGOUTSetiap mesin atau perlengkapan produksi memerlukan perbaikan dan perawatan teratur. Tetapi tidak bisa disangkal, apabila pemasangan, perbaikan, dan perawatan dapat membahayakan pekerja yang melakukan pekerjaan itu. Kecelakaan dan cedera serius mungkin terjadi karena mesin atau perlengkapan hidup dengan cara tidak terduga atau terlepasnya energi beresiko dari mesin atau perlengkapan.

Tahukah Kamu?
Di Amerika, kegagalan mengatur sumber energi menyebabkan 10 % kecelakaan serius di industri dan sekitar 120 kematian terjadi setiap tahunnya.

Lalu, apa yang dapat kita kerjakan untuk hindari energi beresiko? Lockout tagout atau umum dimaksud LOTO jadi jalan keluar tepat untuk menangani persoalan ini. LOTO dapat dipakai pekerja saat melakukan perbaikan dan perawatan mesin atau perlengkapan. Simak 10 tanya-jawab sekitar LOTO berikut ini :

Apakah itu Lockout Tagout (LOTO)?

LOTO dipakai untuk mengisolasi energi beresiko, mengatur mesin atau perlengkapan dan membuat perlindungan pekerja atau tamu dari peluang terjadinya pelepasan energi beresiko dari mesin, instalasi listrik, atau perlengkapan lain yang tengah diperbaiki dan dalam perawatan.

Lockout yaitu aktivitas mengisolasi atau mengunci sumber energi beresiko memakai perlengkapan khusus untuk penguncian. Peranlockout sangat penting untuk meyakinkan keselamatan pekerja sebelumnya melakukan perbaikan atau perawatan.

Tagout yaitu tag penguncian yang dipakai sebagai label peringatan bahaya dan tunjukkan kalau tak ada yang bisa mengutak-atik sakelar atau perlengkapan di mana tag itu terpasang.

Kenapa LOTO demikian penting? 

Occupational Safety and Health Administration (OSHA) memprediksi, lockout tagout yang dilakukan sesuai standard dapat menghindar 120 korban jiwa dan 50. 000 cedera pada pekerja setiap tahun.

Ketidaksengajaan menjalankan kembali perlengkapan yang tengah diperbaiki atau pelepasan energi beresiko dari mesin atau perlengkapan dengan cara mendadak mengakibatkan cedera serius untuk pekerja dan dapat mengakibatkan kerusakan perlengkapan tersebut. Di sinilah peran LOTO sangat penting untuk menghindar terjadinya kecelakaan dan membuat perlindungan perlengkapan yang tengah diperbaiki atau dalam perawatan akibat persoalan itu.

Energi beresiko apa sajakah yang bisa dikendalikan LOTO?

Energi berikut yang sebenarnya beresiko apabila tidak dikendalikan. Karenanya, kita memerlukan LOTO untuk mengatur energi-energi itu agar tidak membahayakan. Energi dikelompokkan jadi 2 type, yakni energi kinetik (energi yang bikin benda bergerak) dan energi mungkin (energi yang tersimpan pada benda yg tidak bergerak). Ke-2 energi itu dapat berupa beberapa macam seperti energi mekanik, listrik, kimia, gravitasi, panas, dan energi pneumatik.

Pekerjaan apa sajakah yang memerlukan LOTO?

Pekerjaan yang memerlukan LOTO, salah satunya :

  • Pekerjaan perbaikan dan perawatan mesin, perlengkapan, instalasi listrik, atau perlengkapan yang memiliki potensi bikin pekerja cedera dan mengakibatkan kerusakan perlengkapan tersebut.
  • Aktivitas produksi dengan cara normal, misalnya aktivitas menempatkan perlengkapan pengaman.
  • Semua kesibukan yang berhubungan dengan mesin atau perlengkapan yang tengah diperbaiki atau dalam perawatan.
  • Aktivitas pergantian dan penyetelan peralatan produksi.
  • Operasi hot tap yang melibatkan system transmisi dan distribusi gas, steam, air, atau minyak bertekanan.

Kapan LOTO harus dipakai?

  • Pemeliharaan pada mesin atau sekitar mesin tengah dilakukan, di mana cedera dapat terjadi akibat mesin hidup dengan cara tidak terduga atau lepasnya energi yang tersimpan.
  • Meng-install mesin atau perlengkapan baru.
  • Pengaman atau alat keselamatan yang lain seperti sepatu safety harus dipindahkan.
  • Pekerja menempatkan beberapa atau semua badannya di mesin atau perlengkapan di mana terdapat resiko terjepit oleh mesin yang bergerak.

Kapan LOTO baiknya tidak dipakai?

  • Pekerjaan yang berhubungan dengan perlengkapan listrik, di mana sakelar atau breaker sumber energi langsung dipantau secara khusus oleh pekerja yang melakukan perbaikan.
  • Pekerjaan itu telah teratur dilakukan dan di pastikan sumber energi yang tersimpan dan punya potensi membahayakan telah dikendalikan.
  • Pekerjaan hot tap yang menyangkut system transmisi gas, steam, atau product bahan bakar minyak yang lain, di mana prosesnya tidak bisa terputus, dan memakai perlengkapan khusus yang
  • dapat dibuktikan dan efisien dapat membuat perlindungan pekerja dan orang di sekelilingnya.

Siapa yang memiliki hak melakukan LOTO?

Setiap pekerja yang menempatkan beberapa atau semua badannya di mesin atau perlengkapan, di mana gerakan tidak terduga, pelepasan energi tersimpan, pemberian energi untuk system listrik, aliran gas, atau bahan lain dapat Sedang, affected employee yaitu pekerja yang pekerjaannya mengharuskan dia untuk menjalankan mesin atau perlengkapan yang tengah diperbaiki atau dalam perawatan dengan LOTO. Affected employee ini dapat mencakup pekerja yang beraktivitas di ruang perbaikan atau perawatan mesin atau perlengkapan.

Pekerja yang melakukan perbaikan, operator mesin atau perlengkapan yang diperbaiki, dan orang yang berada di sekitar mesin atau perlengkapan harus memiliki pemahaman basic mengenai LOTO. Lalu, siapa yang memiliki hak melakukan pemasangan LOTO?

Apa ketidaksamaan pada authorized dan affected employee?

Authorized employee yaitu seorang yang berwenang melakukan pemasangan LOTO pada mesin atau perlengkapan lain saat perbaikan atau perawatan mesin atau perlengkapan tengah dilakukan.

Piranti keras apa sajakah yang dipakai untuk pemasangan LOTO?

Alat yang termasuk kedalam perlengkapan LOTO mencakup :

Perlengkapan Lockout

  • Alat pengunci ganda dan kunci gembok, dipakai untuk mengunci sebuah kotak elektrik.
  • Batang penahan, dipakai untuk menghindar beban dari jatuh dan melepas energi yang tersimpan.
  • Safetee Donut, dipakai untuk mengunci ball valve pada steam, pneumatik, air bertekanan, dan lain-lain. Alat ini diperlengkapi gagang katup untuk menghindar akses dan diputarnya gagang.
  • Rantai dan kunci gembok, dipakai untuk mengunci gagang katup yang dipasang berbarengan safetee donut.
  • Dan alat yang lain yang berperan untuk hindari mesin atau perlengkapan peroleh energi atau melepas energi yang tersimpan.

Perlengkapan Tagout

Safety tag biasanya diisi tulisan “DANGER- Do Not Operate”, nama pekerja yang melakukan LOTO, info kapan perlengkapan itu dikunci, dan info lain seperti detil kontak. Tag ini harus tahan lama dan dengan cara aman diikat ke perlengkapan yang dikunci agar tidak terlepas dan tetaplah terbaca dalam semua keadaan cuaca. Warna tag juga di buat tidak sama untuk mempermudah pekerja mengerti tingkat bahaya yang ada.

Bagaimana prosedur pemasangan dan pelepasan LOTO?

Prosedur pemasangan LOTO :

1. Kerjakan persiapan untuk mematikan mesin atau perlengkapan dan mengambil keputusan sambungan. Persiapan ini mencakup :

  • Memastikan sumber energi mana yang perlu dikunci, mengerti bahayanya, dan mengerti cara ingindaliannya.
  • Melakukan penelusuran apakah perlengkapan yang akan diperbaiki atau dalam perawatan dapat dikunci dan dilepaskan dayanya.
  • Memastikan urutan penguncian.
  • Memastikan personel yang akan melakukan LOTO (authorized employee).
  • Authorized employee atau kontraktor yang turut dalam perbaikan atau perawatan perlengkapan harus menempatkan lock dan tag dan isi LOTO Log sheet.
  • Kerjakan pre-job briefing dan risk assessment.

2. Memberitahukan dan memperingatkan setiap orang yang dipengaruhi atau berhubungan dengan perlengkapan atau ikut serta dengan sistem mematikan perlengkapan. Pemberitahuan ini dilakukan oleh authorized employee.

3. Perlengkapan dimatikan dengan cara normal.

4. Kerjakan isolasi pada sumber energi.

5. Menempatkan Lockout dan Tagout.

6. Buang atau bebaskan energi beresiko yang tersimpan.

7. Cek kembali kalau sumber energi sudah dimatikan dan tak ada energi yang tersimpan.

Prosedur pelepasan LOTO :

1. Pelepasan LOTO harus dilakukan oleh authorized employee yang melakukan pemasangan LOTO.

2. Pastikan perlengkapan yang diperbaiki atau dalam perawatan sudah aman untuk dioperasikan kembali.

3. Pindahkan perlengkapan kerja dan pengaman.

4. Check semua pekerja yang dipengaruhi dengan mesin atau perlengkapan dalam keadaan aman.

5. Bebaskan LOTO.

6. Katakan pekerja yang berhubungan dengan mesin atau perlengkapan kalau perlengkapan dapat dioperasikan kembali.

7. Hidupkan sumber energi.

8. Pekerja kembali dapat memakai mesin atau perlengkapan yang diperbaiki atau dalam perawatan.

Sumber-sumber energi pada perlengkapan dapat memiliki kandungan energi sisa dan jika satu sumber saja tidak dikunci akan LOTO yang terdapat di perusahaan Kamu. Selalu pastikan pekerja atau kontraktor yang berwenang melakukan LOTO sudah memperoleh kursus tentang kebijakan dan prosedur LOTO.

Semoga Berguna. Salam safety!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s