PANDUAN MEMILIH SEPATU HIKING

Image result for tips SEPATU HIKING

Mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang ada di Indonesia. Beberapa besar pendaki itu yaitu anak muda. Beragam jenis hal yang melatarbelakangi seorang untuk mendaki gunung. Sebelumnya mendaki, ada banyak peralatan yang perlu di perhatikan dan satu diantaranya yaitu sepatu. Sepatu hiking tidak bisa diambil dengan cara asal-asalan karena dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan Kamu saat mendaki gunung. Beberapa tips memilih sepatu hiking dapat menolong Kamu untuk memilih alas kaki yang tepat.

Saat Kamu memilih sepatu hiking, terdapat bagian-bagian dari sepatu yang perlu di perhatikan. Bagian itu yakni :

  • Padding engkel yang berperan membuat perlindungan engkle kaki.
  • Backstray membuat perlindungan tendon achiles pada belakang kaki dan jahitan sepatu belakang karena benda keras.
  • Lidah sepatu membuat perlindungan atas kaki.
  • Outsole untuk memberi traksi di antara kaki dan permukaan tanah maupun batuan.
  • Insole agar kaki tambah nyaman saat memakai sepatu.
  • Midsole untuk peredam pada kaki dan permukaan bagian yang dilewati.
  • Rubber toe bumper membuat perlindungan dan meredam ujung kaki saat tersandung atau berbenturan dengan benda keras seperti batu.

Tips memilih sepatu hiking yang utama yaitu memilih sepatu berdasar pada rasa nyaman Kamu. Kenyamanan sangat memastikan kemaksimalan Kamu saat melakukan hiking. Janganlah terlalu dipengaruhi dengan merk tertentu karena tidak bermakna merk itu nyaman untuk Kamu gunakan. Selain kenyamanan, Kamu harus juga memerhatikan kwalitas dari sepatu itu. Jangan pernah Kamu memilih sepatu yang nyaman tetapi mudah rusak setelah 2 kali penggunaan.

Kedua yaitu perhatikan ukuran kaki dan sepatu Kamu. Penentuan sepatu untuk hiking baiknya 1-2 nomer di atas ukuran kaki Kamu. Hal itu karena bila Kamu memilih yang terlalu cocok dengan ukuran kaki Kamu, jari kaki malah akan terasa sakit dan bikin Kamu jadi tidak nyaman. Selain membuat perlindungan kaki, penentuan sepatu dengan ukuran yang semakin besar juga mempermudah Kamu ketika memakai kaos kaki.

Ketiga yaitu pilih sepatu yang bisa membuat perlindungan mata kaki Kamu. Hal itu karena saat Kamu mendaki maupun menuruni gunung, bagian kaki yaitu bagian paling riskan terluka misalnya karena ranting, akar pohon yang keluar, tergelincir maupun tidak berniat tersandung batu. Bila bagian engkel atau mata kaki cidera, dapat bikin gerakan Kamu jadi terhalang dan dapat memberi beban lebih pada rekan pendaki yang lain. Hingga, perlindungan bagian kaki terlebih dibagian engkel dan mata kaki harus di perhatikan dengan baik.

Tips memilih sepatu hiking yang lain yakni :

  • Pilih sepatu yang tahan air. Maksudnya yaitu ketika Kamu mendaki gunung, cuaca tidak bisa diperkirakan dengan baik dan sepatu yang basah malah dapat jadi kendala Kamu saat mendaki atau menuruni gunung. Bila kaki Kamu tetaplah kering, Kamu dapat kurangi kemungkinan diserang hypotermia.
  • Perhatikan type outsoule sepatu. Pilih outsole yang sesuai pada permukaan lintasan hingga dapat bikin kaki jadi tambah nyaman.
  • Perhatikan berat sepatu. Sepatu yang terlalu berat dapat bikin Kamu harus keluarkan tenaga ekstra.
  • Perhatikan bahan sepatu safety lokal dan pilih sepatu dengan aliran hawa yang baik. Penentuan sepatu dengan aliran hawa yang baik dikarenakan untuk kurangi sepatu dan kaki yang lembab. Bila dalam sepatu lembab atau basah, dapat mengganggu gerakan Kamu dan tingkatkan kemungkinan Kamu kedinginan yang bisa menyebabkan kemungkinan kesehatan yang lain seperti hypotermia.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s