Tips Membersihkan Sepatu Safety Suede atau Beludru

Image result for Tips Membersihkan Sepatu Suede

Bagaimana caranya membersihkan model sepatu safety wanita yang berbahan beludru? Banyak yang memiliki sepatu beludru yang mencari info itu setelah sepatu beludru pertamanya terserang kotoran dan di saat akan membersihkannya. Beludru tidak dapat diperlakukan seperti bersihkan sepatu berbahan kulit, karena bukanlah terbuat dari kulit. Beludru juga tidak dapat dibersihkan dengan cara seperti mencuci pakaian, walau bahan dasarnya sama dengan kain sutra.

Beludru yang dikenal juga dengan arti kain Velvet awal mulanya di buat dari serat sutra, karena keinginan bertambah dan bahan baku yang dibuat oleh ulat sutra terbatas, pada akhirnya banyak yang menggabungkan dengan 20 % sutra selebihnya memakai rayon dan katun. Sebagai bahan yang dikira elegan mulai sejak era 14, beludru memang memerlukan perlakuan dengan cara khusus.

Lalu bagaimana caranya untuk menjaga, menaruh dan bersihkan sepatu beludru?

Perawatan sepatu yang terbuat berbahan beludru memerlukan kehati-hatian dan ketelitian. Sama seperti seperti menjaga sepatu berbahan suede, yang lebih halus lagi yaitu nubuck. Ketiga bahan itu sangat rawan pada kotoran, karenanya langkah paling bijak yaitu menghindar sepatu beludru dari peluang terserang noda kotoran dengan tidak memakainya dengan cara asal-asalan. Pilihlah peluang dan waktu yang sesuai untuk memakai sepatu beludru.

Untuk perawatan sepatu beludru sesungguhnya tidaklah terlalu susah asal dibiasakan untuk membersihkannya setiap saat habis digunakan. Bila tidak terserang kotoran berat, misalnya percikan minyak atau lumpur, maka hanya perlu disikat dengan sikat khusus untuk suede, nubuck atau beludru yang di jual di toko sepatu. Kerjakan pelan-pelan, jangan pernah ditekan seperti menyikat sepatu kulit. Oleskan sikat hanya ke satu arah. Lebih efisien bila dilakukan dengan memakai vacum cleaner.

Cara menaruh sepatu beludru

Kalau tidak disimpan untuk periode waktu lama dan akan dipakai sekian hari lagi, baiknya sebelumnya di taruh di rack sepatu, lebih dahulu dibungkus plastik untuk hindari debu, karena beludru sangat sensitif pada debu. Permasalahan yang sering terjadi yaitu menumpuknya debu yg tidak diakui, hingga dalam periode waktu lama akan bikin sepatu beludru jadi kusam. Di saat itu, debu yang menumpuk itu akan jadi lebih susah untuk dibersihkan.

Bila akan disimpan untuk periode waktu lama, setelah sepatu betul-betul bersih dan kering, masukan gulungan koran atau kertas karton dalam sepatu untuk melindungi agar memiliki bentuk tidaklah sampai penyok-penyok karena sama-sama tertekan saat disimpan dalam kotak. Lebih baik lagi bila dalam kotak dimasukkan silica gel untuk menyerap kelembaban. Sedang untuk menghindar bau dan agar tidak dimasuki serangga, masukan juga kamfer.

Cara bersihkan sepatu beludru yang kotor

Bila sepatu beludru terserang kotoran, misalnya yang seringkali yaitu tanah melekat dan telah jadi kering. Janganlah segera dibersihkan memakai air, namun sikat pelan-pelan dengan sikat gigi sisa sampai kotoran hilang atau sekurang-kurangnya menyusut. Lalu ulangilah lagi dengan sikat khusus. Bila terserang noda berminyak, serap dengan tissue kering, janganlah dilap dengan cara keras. Ulangilah sekian kali sampai noda minyak betul-betul tidak dapat lagi terserap.

Kemudian disikat dengan memakai sikat yang dibasahi air sabun. Langkahnya, aduk sedikit sabun colek atau sabun deterjen dengan air pada tempat seukuran gayung sampai membusa. Busa-busa yang naik ke atas tersebut yang perlu Kamu ambillah untuk membasahi sikat, atau lebih tepatnya melembabkan sikat yang dipakai untuk menyeka beberapa bekas kotoran diatas permukaan beludru sampai bersih. Khusus untuk noda minyak pakai air hangat untuk mencampurkan sabun. Karena air hangat semakin lebih mudah untuk menetralkan minyak.

Cara Bersihkan Sepatu Beludru

Janganlah sekali-sekali bersihkan sepatu beludru lewat cara membasahinya dengan air atau memakai tissue basah. Namun pakai tissue kering atau lap yang dilembabkan dengan memakai busa sabun. Bersihkan permukaan beludru lewat cara membasahi air atau air sabun selain untuk mengeringkannya memerlukan waktu yang lama, bila kwalitas beludru kurang baik akan menyebabkan belang hingga dibagian itu warnanya akan terlihat tidak sama.

Bila terlanjur basah, selekasnya setelah air dapat diserap habis dengan tissue atau lap kering, sikatlah pelan-pelan dengan gerakan melingkar dan sedikit untuk sedikit geserkan gerakan itu ke ke bagian yang kering. Maksudnya yaitu “membagi” bagian yang lembap tadi dengan bagian yang masihlah kering. Hingga bila warnanya luntur, maka ketidaksamaan warna itu akan tidak terlihat dengan cara terang.

Sepatu yang didesain dengan memakai bahan beludru ditujukan sebagai sepatu fashion. Karenanya penggunaannya harus digabungkan dengan baju yang sesuai dan dipakai hanya pada event tertentu. Sepatu ini tidak dipakai sebagai alas kaki keseharian, walau pada intinya memiliki konstruksi yang kuat, namun permukaannya sangat rawan pada kotoran.

Bila Kamu seseorang penyuka sepatu, maka tujuan Kamu yaitu melindungi tampilan sepatu beludru Kamu sama seperti saat Kamu baru beli dan memakainya untuk yang pertama kalinya. Perawatan yang kurang intensif atau asal-asalan ketika membersihkannya, dapat menyebabkan beberapa permukaannya alami rusaknya dan memengaruhi penampilannya keseluruhannya.

Mengakibatkan, keadaan sepatu itu akan menyebabkan dampak psikologis. Kamu akan merasa “kurang yakin diri’ untuk memakainya, hingga jadi malas, bahkan juga tidak ingin memakainya lagi. Atau bila memakainya, Kamu akan memperlakukannya dengan cara asal-asalan. Efeknya, rusaknya akan makin meluas dan kurun waktu singkat Kamu akan melemparkannya ke kolong rack sepatu.

Jenis boots yang memiliki permukaan luas, sangat rawan pada kotoran. Namun di segi lain juga sangat penting untuk merubah tampilan penggunanya, terlebih bila didesain dalam jenis sepatu hak tinggi. Sebaliknya, beludru yang dipakai untuk type dan jenis sepatu yang memiliki upper terbatas, misalnya loafers, slipper atau sandal memiliki permukaan terbatas untuk terserang noda kotoran, namun eksklusifitas beludru yang dipakai itu tidak memberi efek penting pada penggunanya.

Pada prinsipnya sepatu yang memiliki bahan beludru, suede atau nubuck akan berperan efisien jika dibarengi dengan penyesuaian wawasan fashion dan sikap mental yang positif dari pemiliknya. Keadaan sepatu itu akan selalu tertangani dengan baik, hingga dapat tetaplah berada dalam keadaan sempurna sampai meraih umur kian lebih 5 th.. Maka selama itu juga akan selalu mensupport Kamu untuk berpenampilan dengan cara sempurna.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s