5 Tips Keselamatan Kerja Dengan House Keeping Area Kerja

Related image

Buruknya tata rumah tangga (house keeping) merupakan salah satu hal yang bisa mengakibatkan kecelakaan ditempat kerja. Selain mempunyai tujuan kurangi tingkat kecelakaan, House Keeping tempat kerja yang digerakkan dengan baik mempunyai tujuan juga tingkatkan produktivitas dan moral beberapa pekerja.

Pastinya aplikasi Program House Keeping ini akan sangat berguna pada tempat kerja yang banyak terkandung beberapa bahan beresiko, mudah terbakar, debu, dan ruang produksi. Beberapa besar praktisi setuju, kalau program Keselamatan Kerja harus memasukkan House Keeping di dalamnya. Pastinya program ini harus di dukung oleh manajemen, dan semua pekerja bertindak aktif dalam menggerakkan program-program yang ada. Berikut 5 Tips Keselamatan Kerja Dengan mengaplikasikan House Keeping di Tempat Kerja :

1. Mencegah Terpeleset, Terjatuh, dan Tersandung

Diambil dari OSHA’s Walking-Working Surfaces Standard (1910. 22 (a)) kalau lantai kerja harus di pastikan Bersih dan Kering termasuk didalamnya lorong-lorong dan jalur, gudang, dan harus ada drainase untuk ruang kerja yang banyak memakai air atau ruang basah hingga lantai kerja tetaplah dapat kering. Untuk menghindar terpeleset, Terjatuh, dan Tersandung (prevent slip, trip, and falls) dapat dilakukan dengan cara-cara berikut :

  • Laporkan dan bersihkan tumpahan air ataupun oli
  • Ubah lantai yang rudak
  • Gunakan cermin untuk menolong memerlihatkan beberapa ruang yang terlindung (blind spot)
  • Gunakan anti slip di ruang yang punya potensi licin, bisa juga gunakan sepatu safety anti slip untuk mencegah terpleset.
  • Singkirkan beberapa barang yang menghambat jalur/jalan.
  • Buat garis demarkasi untuk memastikan ruang peletakan barang, ruang kerja, dan jalur pejalan kaki.

2. Eliminasi Bahaya Kebakaran

Untuk mengeliminasi potensi bahaya kebakaran di ruang kerja dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut :

  • Singkirkan bahan mudah terbakar yg tidak dipakai dari ruang kerja
  • Gudang yang diisi bahan mudah terbakar harus dijauhkan dari sumber api
  • Sediakan jalur emergency, dan jauhkan beberapa barang yang bisa menghambat jalur darurat
  • Jauhkan beberapa barang yang bisa menghambat perlengkapan emergency (apar, springkler, dsb)
  • Check dengan cara berkala perlengkapan listrik

3. Bersihkan Debu

Debu adalah sumber bahaya yang bisa mengakibatkan ledakan ditempat kerja, himpunan deb yang terakumulasi akan menyebabkan ledakan bila terjadi kontak dengan sumber panas. Diambil dari NFPA kalau akumulasi debu yang meraih 5 persen dari luasan ruangan dengan ketebalan 0, 8 milimeter dapat jadi sumber ledakan yang cukup penting.

Debu produksi seperti debu dari industri tebu, debu batu bara, dan bahkan juga sarang laba-laba dapat jadi bahan bakar pada segitiga api. Dalam NFPA-654 (NFPA 654 – a standard on preventing fire and dust explosions) disarankan kalau untuk menghindar kebakaran dan ledakan debu harus dilakukan dengan identifikasi beberapa ruang beresiko dan dilakukan pembersihan debu.

Cara pembersihan debu yang paling efisien yaitu dengan melakukan vacum, tetapi untuk beberapa ruang yg tidak terdapat aliran listrik dapat dilakukan penyiraman memakai air.

4. Mencegah Benda Jatuh (Falling Obyek)

Peletakan beberapa barang di rack harus memerhatikan hirarki, kalau barang yang berat harus diletakkan di level yang paling bawah dan yang enteng diatas. Barang yang memiliki ukuran besar ditempatkan di bawah dan yang memiliki ukuran relatif lebih kecil di atasnya.

Bila pekerjaan dilakukan pada dua lantai yang tidak sama, maka pekerja yang berada di lantai atas harus melindungi beberapa barang jauh dari tepi lantai kerja dan ada pengaman (toe board).

5. Buat Ketentuan dan Kerjakan Inspeksi

Buat ketentuan atau kebijakan yang pasti tentang House Keeping, tetapkan peran dan tanggung jawab semua level pekerja untuk bertindak aktif dalam terwujudnya tata rumah tangga yang rapi. Kerjakan inspeksi dengan cara berkala untuk meyakinkan program kerja masihlah jalan.

Tersebut beberapa tips melindungi tata rumah tangga (house keeping) tempat kerja agar tetaplah bersih dan rapi, aplikasi program 5R/House keeping ini akan memberi efek yang sangat mengagumkan pada pelaksaan pekerjaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s