Mengenal Apa Itu Sepatu Safety

president

Sepatu safety merupakan sepatu yang di desain khusus untuk memberi perlindungan lebih pada kaki pengguna. Perlindungan lebih itu sebagai tuntutan dari pengguna yang bekerja ditempat-tempat yang memiliki kandungan bahaya lebih pada kaki. Misalnya kaki pekerja konstruksi, yang rawan pada bahaya tersandung, tertusuk, terpeleset, tertimpa benda jatuh. Pekerja pengeboran yang riskan pada ceceran minyak dan cairan kimia.

Pada perubahannya pemakaian sepatu safety jadi salah satu Standard Keselamatan yang perlu dipenuhi oleh perusahaan yang mempekerjakan karyawan dilingkungan kerja itu. Dan biasanya tercantum dalam ketentuan pemakaian Alat Pelindung Diri (APD/PPE = Personal Protective Equipment).

Selain manfaat utama sebagai pelindung kaki bagian bawah, sepatu safety juga berkembang sesuai model. Hingga tidak heran selain beberapa jenis standard, ada pula yang berupa sepatu olah raga, sepatu kantoran, dan sepatu boot.

Manfaat Sepatu Safety, pada umumnya dapat di jabarkan sebagai berikut :

  1. Membuat perlindungan ujung kaki dari bahaya kejatuhan dan terjepit karenanya ada pelindung dari baja.
  2. Membuat perlindungan telapak kaki dari bahaya tertusuk benda tajam, seperti paku, pecahan kaca, potongan logam, serbuk besi dan lain-lain.
  3. Menghindar terpeleset dipermukaan yang licin karena berarir atau terserang tumpahan minyak.
  4. Membuat perlindungan tumit dari bahaya terbentur benda keras.
  5. Membuat perlindungan pergelangan kaki, terlebih pada daerah kerja yang memiliki permukaan tidak rata seperti pekerja konstruksi, pertambangan hingga ada peluang terkilir.

Anatomi Sepatu Safety

Dari contoh anatomi sepatu safety di atas dapat diambil kesimpulan, kalau bagian-bagian penting dari sepatu safety yaitu seperti berikut :

Bagian pelindung jari kaki, terbuat dari cungkup baja yang dapat menahan beban s/d 200 Joules, misalnya membuat perlindungan jari kaki dari benda jatuh, atau terantuk benda keras. Untuk kenyamanan pelindung baja ini dilapis lagi dengan susunan kulit lembut hingga kurangi peluang lecet-lecet.

Bagian pelindung telapak kaki, terbagi dalam susunan sol luar, biasanya terbuat dari karet tebal yang dilapis lagi dengan susunan karet khusus anti slip, anti bahan kimia atau anti static. Susunan Sol bagian bawah ini sangat kuat dan dapat membuat perlindungan telapak kaki dari bahaya tertusuk benda tajam, seperti paku, skrup, batu-batu, dan lain-lain. Diluar itu karenanya ada susunan anti slip membuat perlindungan pengguna dari bahaya terpeleset pada permukaan yang licin. Di bagian dalam dilapis sol yang berperan meredam getaran, dan biasanya memiliki kekuatan menyerap keringat yang baik.

Pelindung tumit, terbuat dari karet atau kulit yang biasanya dijahit rangkap hingga lebih tebal dari di bagian atas sepatu untuk perlindungan lebih dan kenyamanan. Bagian ini ditujukan membuat perlindungan tumit dari bahaya terbentur benda keras yang berada dibelakang pengguna.

Pelindung engkel atau pergelangan kaki, ada beberapa jenis jenis yang tawarkan perlindungan yang tidak sama pada pergelangan kaki. Misalnya : jenis potongan rendah, jenis tanggung, dan jenis potongan tinggi.

Jenis Potongan Tinggi

didesain untuk memberi perlindungan optimal pada kaki pemakai, sebagai jawaban dari keperluan daerah operasi pertambangan, pengeboran minyak dan lain-lain.

Jenis Potongan Medium

Didesain untuk memberi perlindungan terlebih di bagian pergelangan/angkle dan bagian bawah kaki. Biasanya dipakai diarea konstruksi terbatas, workshop, warehouse, dan beberapa operator alat berat

Jenis Potongan rendah memprioritaskan perlindungan di bagian bawah kaki, biasanya dipakai di ruang kantor proyek, pergudangan, dan workshop terbatas. Belakangan ini banyak juga yang memakai sepatu safety jenis ini untuk kepentingan keseharian terlebih beberapa motoris dengan alas an kepraktisan dan berikan perlindungan dari bahaya terlindas atau terinjak saat mengantri dikepadatan lalulintas perkotaan.

Memilih Sepatu Safety yang tepat

Berdasar pada pemakaian.

  • Kantor proyek, pergudangan, bengkel : di mana proteksi lebih diutamakan pada bahaya terantuk, terpeleset ceceran oli, tertusuk benda-benda kecil, seperti paku, scrap, sesaat fleksibilitas, mobilitas untuk keluar masuk ruang masihlah cukup tinggi, pemakaian sepatu safety jenis potongan rendah yaitu yang paling baik, jenis medium/tanggung masihlah sangat mungkin untuk pekerja yang waktu kerjanya beberapa besar berada di ruang pergudangan atau bengkel.
  • Pekerja lapangan, konstruksi, pertambangan, pengeboran, sistem : di mana type bahaya yang dihadapi lebih bermacam, mulai dari bio-hazard : seperti gigitan serangga, ular, kelabang dan lain-lain, bahaya ceceran minyak, tempat kerja berbatu-batu, pekerjaan pengangkatan dan lain-lain, sepatu safety jenis potongan rendah telah tak akan mencukupi untuk memberi perlindungan, maka dianjurkan untuk memakai jenis Potongan tinggi (dapat yang memakai tali maupun yang tanpa ada tali) agar perlindungan yang didapat lebih mencukupi, tetapi disisi lain bobot sepatu jenis ini biasanya lebih berat di banding 2 type sebelumnya.
  • Pekerja khusus, dengan tingkat bahaya lebih seperti pemadam kebakaran, pekerja yang mengambil sample kimia, harus memakai sepatu dengan tingkat perlindungan kian lebih yang umum. Misalnya dapat diliat pada gambar selain. Gb. 4. Sepatu safety fire fighter

Berdasar pada Harga
Meskipun segi safety tidak dapat dinilai dengan harga, tetap harus pada aplikasinya factor harga tetaplah jadi pertimbangan, untuk perusahaan taraf besar seperti pertambangan dan perminyakan hal semacam ini tidaklah terlalu jadi permasalahan, bahkan juga dapat jadi prestise sendiri bila memakai perlengkapan pelindung bermerk terpenting. Tetapi untuk perusahaan taraf kecil dan menengah yang telah memiliki concern safety, factor harga jadi pertimbangan juga. Pendeknya, safety dapat, harga bersahabat J.

Di bawah Rp. 500 ribu
Untuk kisaran harga ini, ada beberapa pengrajin lokal disentra-sentra pengrajin sepatu telah ada yang keluarkan product sepatu safety. Misalnya : sentra industry sepatu Cibaduyut, Bandung dan Tanggulangin, Sidoarjo. Hanya saja selain dari penambahan kwalitas, segi standarisasi juga perlu ditingkatkan, minimum penuhi standard SNI. Karena bagaimanapun product sepatu safety lokal diperuntukkan membuat perlindungan anggota tubuh pengguna.

Selain merk lokal, beberapa merk impor juga keluarkan seri low end dengan kisaran harga itu. Seperti Krisbow, Cheetah, Kings, Krusher dan lain-lain. Untuk harga pada Rp. 500 ribu sampai 1 juta, ditempati beberapa merk terpenting : seperti Dr. OSHA, Cheetah, Jogger. Sedang untuk harga di atas 1 juta : Merk yang cukup popular diindonesia yaitu Red Wing, terlebih di dunia perminyakan.

Safety Campaign
Berita senangnya saat ini peralatan pelindung diri, termasuk didalamnya Safety Shoes, telah jadi standard harus untuk setiap kontraktor proyek, baik di bidang konstruksi, pabrikasi yang satu tahun lebih sebelumnya belum terlalu memasyarakat. Lain perihal dengan beberapa pekerja di bidang migas dan pertambangan yang telah lebih dahulu mengaplikasikan kebijakan ber-PPE- karena kebijakan dari perusahaan asing yang berinvestasi di bidang itu. Masihlah diperlukan usaha yang banyak dari semua pihak, agar kesadaran safety dapat beralih dari tuntutan/kewajiban jadi keperluan dari beberapa pemakainya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s