Cara Menggunakan Sepatu Safety Shoes dengan Benar

Image result for sepatu safety pekerja

Bagaimana caranya memakai safety shoes? Masihlah banyak peristiwa kecelakaan saat bekerja, oleh karena itu ketika bekerja baiknya kita memakai alat pelindung diri. Terlebih untuk mereka yang memiliki kemungkinan kecelakaan kerja yang cukup besar. Alat pelindung diri saat bekerja ini sudah pasti mempunyai tujuan membuat perlindungan pekerja, tingkatkan produktivitas kerja dan membuat keamanan di lingkungan pekerjaan.

Type alat pelindung diri ini salah satunya yaitu safety helmet, safety glasses, ear muff, masker, safety gloves, serta safety shoes. Saat ini akan dibicarakan selanjutnya tentang safety shoes atau sepatu pelindung ini dari cara memakai safety shoes dan cara menjaga sepatu pelindung itu.

Safety Shoes atau Sepatu Pelindung

Salah satu type alat pelindung diri ketika bekerja yaitu safety shoes atau sepatu pelindung. Safety shoes ini adalah sepatu yang didesain untuk keselamatan kaki penggunanya. Biasanya digunakan oleh pekerja yang memiliki kemungkinan kecelakaan kerja cukup tinggi. Terdapat beberapa type kecelakaan kerja yang bisa menimpa kaki Kamu misalnya kejatuhan benda berat, bahan kimia, aliran listrik ataupun api atau panas.

Dengan memakai safety shoes ini diinginkan kecelakaan kerja dapat dijauhi dan jikalau terjadi kecelakaan kerja tidak menyebabkan cedera yang kronis. Kita harus mengerti jari-jari kaki kita tidak dapat digantikan lagi dengan yang baru maka kita harus membuat perlindungan jari-jari kaki kita dengan memakai safety shoes.

Bahan dari safety shoes ini ada yang terbuat dari kombinasi kimia sintetik yang padat hingga kuat dan keras juga terbuat berbahan polyurethane yang akan bikin sepatu empuk dan enteng. Biasanya mereka yang memakai safety shoes ini yaitu perusahaan yang bergerak dalam bagian properti dan bangunan, perusahaan pertambangan, pabrik pembuatan mobil, motor ataupun perusahaan baja dan ada banyak lagi perusahaan yang lain.

Cara Memakai dan Menjaga Safety Shoes

Cara memakai safety shoes dengan benar maka ada banyak hal yang perlu di perhatikan, pertama sepatu harus sesuai sama ukuran kaki. Janganlah terlalu besar atau terlalu kecil karena akan bikin cedera pada kaki. Bila sepatu pelindung yang dipunyai memakai tali maka harus diikat dengan baik dan kuat agar tali tidak terinjak pengguna.

Bila sepatu terserang air upayakan untuk dikeringkan terlebih dulu sebelumnya digunakan kembali dan upayakan juga memakai kaos kaki ketika memakai sepatu safety lokal. Mengenai untuk perawatannya bersihkan sepatu dengan sampho khusus sepatu, keringkan dengan diangin-anginkan dan setelah kering taruh dengan memakai ganjalan sepatunya untuk melindungi bentuk sepatu. Sekian cara memakai safety shoes dengan benar mudah-mudahan berguna

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s