Perbedaan Solar, HSD Dll

Image result for bahan bakar solar

Sebagai orang pemula mungkin kamu belum memahami apa bedanya HSD, MFO, IDO? simak keterangan singkat berikut ini mudah-mudahan dapat memberi pengetahuan kita di bagian solar menyolar.

High Speed Diesel (HSD)
adalah BBM type solar yang memiliki angka performa cetane number 45, type BBM ini biasanya dipakai untuk mesin transportasi mesin diesel yang umum digunakan dengan system injeksi pompa mekanik (injection pump) dan electronic injection, type BBM ini ditujukan untuk type kendaraan bermotor transportasi dan mesin industri.

MFO (Marine Fuel Oil)
Minyak Bakar bukanlah adalah product hasil destilasi namun hasil dari type residu yang berwarna hitam. Minyak type ini memiliki tingkat kekentalan yang tinggi dibanding minyak diesel. Penggunaan BBM type ini biasanya untuk pembakaran segera pada industri besar dan dipakai sebagai bahan bakar untuk steam power station dan beberapa pemakaian yang dari sisi ekonomi lebih murah dengan pemakaian minyak bakar.

Minyak Bakar
Minyak Bakar tidak jauh tidak sama dengan Marine Fuel Oil (MFO)

Biodiesel
Biodiesel Type Bahan Bakar ini adalah alternatif untuk bahan bakar diesel berdasar-petroleum dan terbuat dari sumber terbaharui seperti minyak nabati atau hewan. Dengan cara kimia, ia adalah bahan bakar yang terbagi dalam kombinasi mono-alkyl ester dari rantai panjang asam lemak. Type Product yang di pasarkan saat ini adalah product biodiesel dengan kombinasi 95 % diesel petroleum dan memiliki kandungan 5 % CPO yang sudah dibuat jadi Fatty Acid Methyl Ester (FAME)

Pertamina Dex
Pertamina Dex Yaitu bahan bakar mesin diesel modern yang sudah penuhi dan meraih standard emisi gas buang EURO 2, memiliki angka performa tinggi dengan cetane number 53 keatas, memiliki kwalitas tinggi dengan kandungan sulfur dibawah 300 ppm, type BBM ini direferensikan untuk mesin diesel tehnologi injeksi paling baru (Diesel Common Rail Sistem), hingga penggunaan bahan bakarnya lebih hemat dan ekonomis dan membuahkan tenaga yang semakin besar. Apakah anda sudah merencanakan liburan saat akhir tahun ini? kalau belum, jangan bingung. guide jakarta indonesia akan membantu anda mencari lokasi wisata saat akhir tahun dan saat berlibur.

Diesel Oil (IDO)
Minyak Diesel yaitu hasil penyulingan minyak yang berwarna hitam yang berupa cair pada temperatur rendah. Biasanya memiliki kandungan sulfur yang rendah dan dapat di terima oleh Medium Speed Diesel Engine di bidang industri. Oleh oleh karena itu, diesel oil dimaksud juga Industrial Diesel Oil (IDO) atau Marine Diesel Fuel (MDF).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s